Minggu, 07 September 2014

Cara Membuat Surat Lamaran Pekerjaan




Sebetulnya, kita sudah mempelajari bagaimana cara membuat sebuah surat lamaran kerja yang baik dan benar sewaktu kita sekolah dulu, tapi yang saya perhatikan masih banyak penulisan surat lamaran kerja yang tidak sesuai dengan aturan, perlu diingat bahwa dari surat lamaran kerja lah pertama kali perusahaan menilai apakah kita itu layak diterima bekerja atau tidak,
jadi saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat surat  lamaran kerja dengan baik dan benar
Dalam membuat surat lamarankerja, kita harus memperhatiakan struktur atau komponen surat, berikut strukutur/komponen surat yang harus ada di surat lamaran kerja yang kita tulis:
1.      Tempat dan tanggal penulisan
2.      Perusahaan yang ditujukan
3.      Salam hormat
4.      Kata pengantar
5.      Biodata pribadi
6.      Pengalaman kerja dan skill
7.      Harapan
8.      Penutup
Selain struktur surat, yang harus kita perhatikan ketika menulis surat lamaran kerja adalah menggunakan bahasa yang baik dan benar, awas bahasa gaul jangan dimasukin.. he he. Serta gunakan bahasa yang singkat dan jelas, penulisannya pun harus rapi dan harus ditulis tangan sendiri, jangan diketik di komputer. Kenapa? Karena nanti pihak perusahaan akan menilai kita dari surat lamaran yang kita tulis sendiri.
Untuk lampiran surat biasanya berisi dokumen pendukung, misalnya fotokopi ijazah,fotokopi ktp, surat keterangan sehat, fotokopi kartu kuning dari disnaker. Yang perlu diperhatikan adalah cara peyusunan dokumennya harus benar.
Urutan dokumen yang benar sebagai berikut :
1.      surat lamaran kerja
2.      Curiculum Vitae ( CV ) / Daftar Riwayat Hidup
3.      Fotokopi Ijazah
4.      Fotokopi SKHU
5.      Fotokopi surat pengalaman kerja
6.      Fotokopi dokumen lain seperti sertifikat keahlian/kursus
7.      Fotokopi SKCK
8.      Dan untuk fotokopi KTP, Kartu kuning, dan pas photo dilampirkan di depan surat lamaran kerja
Penting “ untuk surat lamaran kerja di kertas polio harus dalam keadaan terbuka, jadi ketika pihak perusahaan membuka surat lamaran kerja, bisa langsung membaca surat lamaran kerja nya tanpa harus membuka kertasnya terlebih dahulu “
nah untuk lebih jelasnya coba klik Contoh Surat Lamaran Kerja, sebagai bahan referensi anda untuk menulis surat lamaran pekerjaan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar