Sabtu, 13 September 2014

Alasan Kenapa Surat Lamaran kerja anda tidak direspon HRD

 
Sahabat pencari kerja, Tahukah anda Jumlah surat lamaran  yang masuk ke sebuah perusahaan bisa mencapai ratusan atau bahkan ribuan per bulannya?? lalu muncul petanyaan di benak kita, apakah semua surat lamaran itu dibaca oleh pihak HRD atau tidak?? pernahkah anda mengirimkan surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan tapi anda tidak dipanggil?? apakah anda yakin surat lamaran yang dikirim, sudah dibaca oleh Pihak perusahaan dalam hal ini oleh Divisi HRD??.


mari kita jawab pertanyaan di atas tadi, mengingat jumlah surat lamaran yang masuk ke sebuah perusahaan sangat banyak jumlahnya, Saya yakin tidak semua surat lamaran kerja akan dibaca oleh HRD bahkan 80 % surat lamaran kerja yang dikirim ke sebuah perusahaan dibuang sebelum sempat dibaca oleh HRD. jika banyak yang bertanya Kenapa ko saya tidak dipanggil padahal sudah mengirimkan Surat lamaran kerja, saya akan jelaskan beberapa alasan yang mungkin jadi penyebab surat lamaran anda tidak direspon oleh pihak HRD,

1. Lamaran kerja anda tidak Rapih dan bersih


kerapihan sangat penting, jika dilihat saja surat lamaran anda tidak rapih, sudah dipastikan HRD pun tidak akan membaca surat lamaran anda. apa yang perlu dirapihkan, yang pertama rapihkan surat lamaran dan dokumen yang ada dalam amplop, pakai klip untuk merapihkan, jangan sampai dokumen tercecer dan jangan sampai surat lamaran kotor, itu akan membuat ilfil pihak HRD, dan yang kedua adalah Kerapihan Amplopnya. Jika amplopnya tidak rapih atau ada yang sobek atau kotor, jangankan untuk dibaca, dibukapun mungkin tidak akan. saya yakin jika amplopnya tidak rapih, akan langsung dibuang oleh pihak HRD

2. Surat Lamaran Terlalu panjang


Surat lamaran adalah salah satu yang akan dilihat dan dibaca oleh Pihak HRD, makanya dalam membuat surat lamaran jangan menggunakan kalimat yang terlalu panjang, singkat tapi padat dan bisa memikat hati HRD, jangan basa-basi. dan jangan membuat surat lamaran kerja lebih dari 1 halaman, jika terlalu panjang akan membuat pihak HRD menjadi malas membacanya.

3. CV anda tidak menarik


HRD biasanya membaca surat lamaran kita tidak lebih dari 10 detik saja, makanya buatlah CV yang menarik, CV yang dilihat walaupun sebentar saja tapi bisa meyakinkan pihak HRD, buatlah CV yang menarik dan profesional, jangan terlalu banyak memberikan informasi, cukup mengekspose informasi yang menarik saja.

4. Anda tidak Sesuai Kualifikasi


Kalau Surat lamaran kerja anda sudah rapih, bersih, dan anda sudah membuat CV yang menarik tapi Surat lamaran kerja anda masih tidak direspon oleh pihak perusahaan, mungkin karena kualifikasi yang anda miliki tidak sesuai dengan lowongan kerja yang tersedia. saran saya sebelum mengirimkan surat lamaran kerja ke sebuah perusahaan, pastikan bahwa di perusahaan tersebut ada lowongan kerja untuk posisi yang sesuai dengan kualifikasi yang anda miliki, jika tidak maka lamaran kerja anda akan sia-sia.

Sebetulnya masih banyak faktor kenapa Surat lamaran kerja kita tidak direspon oleh pihak HRD, mungkin untuk teman-teman yang lain bisa share di komentar.

Terima kasih

Baca Juga








Tidak ada komentar:

Posting Komentar