Senin, 15 September 2014

Macam-macam tes kesehatan

Tes Kesehatan, adalah satu dari sekian banyak tahapan yang menentukan diterima atau tidaknya anda bekerja di sebuah perusahaan.

Tes kesehatan bertujuan untuk mengetahui kesehatan jasmani dari calon karyawan. Disini saya akan menuliskan macam-macam tes kesehatan berdasarkan pengalaman pribadi saya, untuk yang sama sekali belum pernah menjalani tes kesehatan,wajib baca artikel  ini. 

 berikut macam-macam tes kesehatan yang pernah saya alami :

1. Isi formulir Tes kesehatan


Saat anda sampai ke rumah sakit atau  klinik tempat anda menjalani tes kesehatan, anda akan diberikan formulir Tes kesehatan, dalam formulir ada yang harus diisi oleh anda, contohnya data pribadi mulai dari nama, tempat tanggal lahir, tinggi badan, berat badan, riwayat penyakit, dll. selain itu ada juga yang harus diisi oleh petugas kesehatan di setiap rangkaian kesehatan yang akan dijalani oleh anda.

2. Tes Tinggi dan berat badan


Rangkaian tes yang pertama dalam tes kesehatan adalah Tes Tinggi badan dan berat badan. ini merupakan tes yang penting, hampir semua perusahaan bonafit menjalankan tes ini, walaupun tidak semua. dalam tes ini tolak ukurnya adalah tinggi dan berat badan anda harus proporsional.

3. Tes Tekanan Darah


Tujuannya adalah mengecek tekanan darah anda menggunakan tensimeter, nanti akan diketahui apakah tekanan darahnya Normal, tinggi, atau rendah. kata dokter sih tekanan darah yang normal itu antara 110/80 s/d 140/80, dibawah angka 110/80 berarti Tekanan darahnya rendah, kalau diatas angka 140/80 tekanan darahnya tinggi. kalau saya dulu seringnya di angka 120/80, alhamdulillah Normal.


4. Tes Denyut Nadi


Walaupun tidak semua perusahaan menjalankan tes ini, tapi saya pernah menjalani tes ini sekali. Tesnya cukup sederhana, nanti petugas akan menekan nadi yang ada di tangan, dan akan menghitungnya selama 1 menit. jumlah Denyut nadi normal itu antara 60-80 kali permenitnya


5. Tes Mata


Tes mata ini dibagi dua, ada tes untuk mengetahui Rabun rabun jauh, ada juga tes buta warna. Tes rabun dekat/rabun jauh menggunakan papan yang ada hurufnya, hurufnya bervariasi ada yang sangat besar, ada yang besar, ada yang sedang, ada yang kecil, ada yang sangat kecil, nanti anda disuruh menutup mata sebelah, dan petugas akan menunjuk 1 huruf, tugas anda menyebutkan huruf yang ditunjuk oleh petugas. awalnya petugas akan menunjuk huruf yang sangat besar, pindah ke huruf yang besar, pindah lagi ke yang sedang, pindah lagi ke yang kecil, dst. nanti akan ketahuan anda rabun jauh atau tidak.
untuk tes buta warna, ada buku khusus untuk tesnya, nanti petugas akan membuka buku itu halaman per halaman, tugas anda adalah menyebutkan huruf atau angka yang ada di setiap halaman bukunya.
contoh tes buta warna lihat gambar di bawah ini

Coba tebak, angka berapa yang ada dalam lingkaran??

6. Tes Urine


apa itu urine? ada yang belum tau kah? sebagian besar pasti sudah tau, untuk yang belum tau saya kasih tahu kalau urine itu adalah air kencing. nanti anda akan diberikan wadah kecil untuk tempat menyimpan urine, yang akan di cek oleh tim di laboratorium. Tes urine bertujuan  mengecek kualitas urine, dengan tes urine akan diketahui zat apa saja yang terkandung di dalamnya, tes urine ini berhubungan dengan kualitas ginjal kita, jika ginjal kita baik, maka kualitas urine kita juga akan baik, begitupun juga sebaliknya. Pengalaman, dulu saya sebelum melakukan tes urine sering banyak minum air putih, tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran, dan nanti warna dari urine juga akan putih, tidak keruh. dan jangan sekali-kali minum obat minimal 3 hari sebelum tes, itu juga akan mempengaruhi kualitas urine kita, dulu saya juga pernah gagal tes kesehatan gara2 minum obat batuk sebelum tes.


7. Tes Darah


Petugas akan mengambil sampel darah kita untuk di cek di laboratorium, tujuannya adalah mengecek penyakit seseorang melalui darah.


8. Tes Gula Darah


tujuannya adalah mengetahu kadar gula dalam darah kita, dengan menggunakan alat namanya strip uji, petugas akan menusukan jarum yang ada dalam alat tersebut ke telunjuk kita. lihat gambar untuk lebih jelasnya


tes gula darah akan dilakukan 2 kali, pertama tes gula darah setelah 8 jam puasa, dan tes yang kedua  dilakukan 2 jam setelah makan dan minum. kadar gula darah normal setelah berpuasa 8 jam adalah 70 - 110 mg/dl, sedangkan kadar gula normal 2 jam setelah makan dan minum adalah dibawah dari 200 mg/dl.

9. Tes Rontgen


Tujuannya adalah mengetahui kualitas paru-paru kita, bagi yang suka merokok akan takut jika menghadapi tes ini, tapi saya punya tips untuk para perokok. sebelum dilaksanakan tes, makanlah kecap manis, atau susu kental manis, katanya sih bisa menutupi paru-paru yang bolong-bolong. untuk kebenarannya saya juga tidak tahu, apa itu mitos atau fakta saya juga tidak tahu, karena saya bukan perokok. tapi tidak ada salahnya dicoba dulu


10. Tes EKG


EKG atau elektrokardiogram adalah alat untuk mengecek fungsi jantung kita, untuk lebih jelasnya bagaimana proses EKG bisa lihat aja gambar di bawah


11. Tes Faeses atau tinja


Tinja adalah kotoran manusia, tes ini bertujuan mengecek zat apa saja yang terkandung dalam tinja. prosesnya nanti kita akan diberikan wadah sama seperti wadah untuk tes urine. tugasnya adalah mengambil sampel tinja, dan menyimpannya di wadah untuk selanjutnya dikirim ke laboratorium

12. Tes fisik


Tes fisik, adalah pemeriksaan seluruh fisik tubuh kita, jarang perusahaan yang melakukan tes fisik ini. contoh tes fisik mengecek tangan atau kita apakah lurus atau tidak, cek apakah ada tato atau tidak, bisa juga tes fisik denga melakukan olahraga, contohnya push up, sit up, pull up atau bahkan berlarim ada juga yang ditelanjangin untuk mengecak bagian alat vital kita. tapi saya belum pernah mengalami yang seperti itu.

itulah 12 tes kesehatan yang pernah saya alami, tapi perlu diingat tidak semua perusahaan menjalani ke 12 macam tes kesehatan yang saya tulis diatas seluruhnya, mungkin bisa jadi cuma 5 tahapan tes, ada yang 6 tahapan, bahkan ada perusahan yang tidak melaksanakan tahapan tes kesehatan sama sekali, itu semua tergantung perusahaan masing-masing. yang saya tuliskan di atas adalah macam-macam tes kesehatan secara umum yang pernah saya alami. mudah-mudahan bisa dijadikan referensi anda dalam menjalani tes kesehatan. untuk lulus tes kesehatan intinya kita harus menjaga kesehatan kita, makanlah makanan bergizi, tidur atau istirahat yng cukup, dan perbanyak olahraga.

Sekian artikel dari sayaa, mudah-mudahan bermanfaat. Terima kasih


Baca juga :


* Tips menghadapi Tes Kesehatan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar