Minggu, 07 September 2014

Tips Menghadapi Psikotes


Pada artikel kali ini saya akan membahas sedikit tips bagaimana cara menghadapi psikotes yang saya dapatkan dari berbagai sumber berikut ini :

1. Siapkan fisik dan mental


ya, fisik dan mental memang sangat penting untuk menghadapi psikotes, istirahatlah yang cukup minimal 1 hari sebelum dilaksanakannya psikotes, rilex, buanglah semua hal yang dapat mengganggu konsentrasi anda.

2. Berdo'a


Berdo'a sangatlah penting untuk memulai sesuatu, jadi saran saya sejak berangkat dari rumah sampai mau memulai test, awalilah dengan do'a untuk kelancaran aktivitas kita.

3. Kuasailah Soal


jika ingin berhasil di psikotest, tentunya anda harus mengetahui macam-macam psikotes, dan jenis jenis soal psikotes, kuasailah dulu materi soalnya dengan cara terus berlatih dan berlatih sehingga anda bisa dan terbiasa mengerjakannya

4. Rapi dan Bersih


Ketika menghadapi ujian psikotes grafis seperti DAP, Baum Tree Test, HTP, atau Tes Wartegg, jagalah kertas gambar anda tetap rapi dan bersih.Jangan kotor, terlipat-lipat, dan kusut. Karena ini menunjukkan kepribadian anda yang tidak teratur, tidak rapi dan tidak perencanaan anda tidak tertata dengan baik. 

5. jadilah diri anda sendiri


Ketika menghadapi ujian psikotes kepribadian seperti Enneagram, dan MBTI, jadilah diri anda sendiri yang terbaik. Jawablah pertanyaan yang paling sesuai dengan kondisi diri anda. Ini sangat penting. Karena dengan jawaban anda yang jujur tersebut, tim rekrutmen dapat menempatkan anda pada posisi yang paling tepat sesuai dengan karakter kepribadian diri anda.Sehingga potensi diri anda dapat dioptimalkan oleh perusahaan.

 6. Kerjakan yang mudah terlebih dahulu


Ketika menghadapi tes kuantitatif (tes angka/numerik), anda harus ingat bahwa setiap soal bobot nilainya sama. Jadi, alokasikanlah energi konsentrasi dan waktu anda pada seluruh soal secara merata. Jika anda tidak mampu menemukan jawaban pada soal tertentu, jangan terpaku dan jangan penasaran pada soal tersebut. Karena hal ini dapat menguras energi, menguras konsentrasi, dan menguras waktu anda yang sangat terbatas.

demikian artikel tips menghadapi psikotes ini, silahkan berkomentar untuk mendapatkan contoh soal ataupun tips yang bermanfaat yang lainnya dari saya.

Terima kasih











Tidak ada komentar:

Posting Komentar