Senin, 08 September 2014

Pentingnya Menabung Untuk Karyawan


halo teman-teman, jumpa lagi dengan saya. pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pentingnya menabung bagi seorang karyawan.

untuk anda semua para karyawan yang mempunyai gaji setiap bulannya, sudahkah anda menabung? atau jangan-jangan uang gaji anda setiap bulannya selalu habis, tak ada sisa sama sekali? weleh weleh.. jangan sampai anda menyesal suatu saat nanti,
setelah anda sudah tidak bekerja lagi, anda tidak mempunyai uang tabungan, tidak mempunyai bekal, anda cuma bisa gigit jari, karena apa? ya karena uang gaji anda dulu selama jadi karyawan selalu habis setiap bulannya.

Yuk, untuk anda semua yang masih bekerja, yang masih punya penghasilan untuk bisa menyisihkan sebagian gaji yang kita dapatkan setiap bulannya, agar nanti saat anda berhenti bekerja atau anda sudah mempunyai keluarga sendiri, anda mempunyai tabungan, anda mempunyai bekal hidup hasil tabungan anda dulu.

Memang yang saya rasakan, untuk menabung itu sangat sulit, makanya saya memberikan sedikit tips untuk anda semua, supaya anda semua bisa menabung untuk masa depan anda nanti, simak baik-baik tips dari saya berikut ini :

1. Catat Pengeluaran anda


Untuk dapat menabung anda harus catat pengeluaran anda, baik pengeluaran dalam 1 hari. 1 minggu atau pengeluaran dalam 1 bulan, misalnya pengeluaran untuk makan, bayar kontrakan, service motor, bayar kredit motor, pengeluaran tak terduga, dll. dan pastikan pengeluaran anda lebih sedikit daripada pemasukan anda, agar anda bisa menabung

2. Tentukan Jumlah Uang tabungan


jika anda sudah mencatat berapa uang yang harus anda keluarkan, tugas anda selanjutnya adalah menentukan Jumlah uang yang akan anda tabung setiap bulannya.

3. Tabungkan uang di awal


Ada 2 pola menabung, pola yang pertama orang membelanjakan hasil pendapatannya, dan menabungkannya jika ada sisa, sedangkan  pola yang kedua adalah orang yang mencoba menabungkan hasil gajinya lalu membelanjakan sisanya. sebagian besar orang banyak yan melakukan Pola yang pertama, makanya banyak yang tidak berasil untuk menabun, saran saya beralihlah ke pola yang kedua, saya yakin, setiap bulan anda pasti akan mempunyai tabunagan

4. Hidup hemat dan sederhana


Untuk dapat menabung, tentu anda harus menekan biaya pengeluaran anda selama sebulan, oleh karena itu hiduplah secara hemat dan sederhana, jangan mentang-mentang gaji gede, selalu foya-foya, shoping, ngabisin uang. Bukannya bisa nabung, malah uang anda akan habis kalau gaya hidup anda boros seperti itu. Hidup hemat dan sederhana, saya yakin anda akan bisa menabung setiap bulannya.

5. Jauhi Hutang


Semaksimal mungkin anda untuk menjauhi hutang, kalau sudah terlanjur punya hutang, segeralah lunasi, karena hutang menjadi faktor membengkaknya anggaran pengeluaran kita, yang pada akhirnya nanti kita tidak bisa menabung karena uangnya habis untuk bayar hutang.

6. Bedakan kebutuhan dan keinginan


Anda selalu harus pintar memilih mana yang namanya kebutuhan, dan mana yang namanya keinginan, yang jadi kebutuhan harus di prioritaskan daripada keinginan, jangan sampai terbalik.

7. Disiplin dan Motivasi


Setelah anda bisa menjalankan 6 tahapan di atas, maka disiplinkanlah, lakukanlah 6 langkah di atas setiap bulannya, menabunglah setiap bulannya, hidup hematlah setiap bulannya, jauhi lah Hutang, Penuhi kebutuhan anda, dan selalu memotivasi diri anda untuk meraih hasil yang besar. Jadi kunci sukses anda untuk menabung adalah mendisiplinkan 6 langkah diatas dan selalu memotivasi diri anda untuk meraih hasil, insya Allah, setiap bulannya anda bisa menabung untuk masa depan anda,

Sekian artikel dari saya, jika suka artikel ini anda bisa share ke Facebook.

Terima kasih

Baca juga : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar